Penyebab dan cara Mencegah Penyakit Diabetes

Diabetes atau dapat disebut dengan kencing manis atau penyakit gula darah. Salah satu jenis penyakit kronis yang mempunyai tanda awal berupa meningkatnya kadar gula di dalam darah akibat adanya gangguan sistem metabolisme di dalam tubuh. Diabetes ini tidak dapat disembuhkan namun kadar gula darah dapat dikontrol. Diabetes terjadi karena kurangnya insulin, insulin merupakan zat yang dihasilkan pankreas untuk mengolah zat gula darah (glukosa) sehingga dapat menjadi energi. Namun makanan yang konsumsi tidak akan menolong, sebab gula di dalam darah tetap tidak dapat diproses menjadi tenaga secara normal, bahkan kadarnya akan terus meningkat.

 Peristiwa tersebut disebut dengan Hiperglikemia, yaitu penumpukan glukosa yang terjadi di dalam darah. Mengenali sejak dini tentang penyakit diabetes merupakan suatu kesempatan bagi anda untuk mengendalikan gula darah bahkan mencegah timbulnya diabetes pada tubuh anda. Untuk mendeteksi pengidap diabetes yang utama yaitu dengan melakukan pemeriksaan gula darah. Kadar gula dengan pemeriksaan setelah berpuasa di atas 126 dan gula darah dengan pemeriksaan sewaktu-waktu di atas 200 disebut diabetes.

Penyebab Penyakit Diabetes

  • Genetik
Penyebab diabetes bisa diakibatkan oleh pengaruh keluarga atau genetik. Sehingga anak anak atau remaja bisa mengalami penyakit diabetes walaupun usia nya masih muda. Hal ini bisa dikarenakan oleh ada nya gangguan pada organ tubuh,
  • Gagguan daya tahan tubuh
Daya tahan tubuh yang tidak normal atau ada nya kelainan juga dapat menjadi penyebab diabetes. Karena produksi insulin yang kurang, sehingga dapat menyebabkan sel darah putih yang berkurang. dan jika kondisi ini tidak segera diatasi dengan baik maka dapat memicu untuk terserang berbagai penyakit.
  • Makanan
Makanan yang memiliki kadar gula yang cukup banyak atau cukup tinggi juga dapat memicu untuk menjadi penyebab penyakit diabetes. Makanan seperti permen, atau makanan yang menggunakan banyak gula jika sering di konsumsi dalam jumlah banyak bisa menjadi penyebab diabetes.
  • Infeksi bakteri
Infeksi bakteri di dalam tubuh juga dapat menjadi penyebab diabetes. Organ tubuh seperti hal nya pankreas bisa rusak atau terganggu dan menurunkan fungsi nya sehingga memicu terjadi nya penyakit diabetes. Oleh sebab itu infeksi bakteri cukup berbahaya jika terjadi dan memasuki tubuh, karena dapat menimbulkan berbagai penyakit yang ringan hingga yang parah.
  • Obesitas
Penyebab diabetes dari penyakit obesitas juga memungkinkan untuk terjadi, dan memiliki resiko yang cukup tinggi. obesitas tidak akan terjadi jika kolesterol dan juga gula di dalam tubuh tidak terlalu banyak dan juga tidak terlalu tinggi. oleh sebab itu menjaga pola makan dengan baik dapat di lakukan agar tidak menjadi penyebab diabetes.
  • Rokok
Rokok selain merusak paru paru atau jantung juga bisa menjadi penyebab diabetes. Penggunaan rokok yang berlebihan dan bertahun tahun lama nya akan menimbulkan penyakit diabetes di waktu yang mendatang. Sehingga rokok tidak baik untuk di konsumsi.
  • Alkohol
Alkohol juga dapat memicu terjadi nya penyakit diabetes. Karena rokok tidak hanya akan merusak sel tetapi juga menjadi penyebab diabetes.

Cara Mencegah Penyakit Diabetes Di Usia Muda :

  • Hindari makanan yang berlemak tinggi.
  • Kontrol asupan gula yang masuk kedalam tubuh
  • Hindari makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan.
  • Lakukan olahraga secara rutin minimal 3 kali seminggu.
  • Perbanyak mengkomsumsi air putih dan kurangi teh manis.
  • Makan-makanan yang berserat dan sehat seperti buah dan sayuran.
  • Istirahat yang cukup dan hindari stres yang berlebihan.

Next
Previous
Click here for Comments

0 komentar: